Macam Macam Kue Dari Tepung Beras Yang Rasanya Nikmat

Posted on

Kue merupakan salah satu cemilan yang banyak disukai oleh semua kalangan. Lalu tahukah kamu jika kue juga berasal dari tepung beras yang biasa kita buat sarapan. Kue tepung beras ini merupakan kuliner dan cemilan yang cocok untuk dimasak maupun disantap bersama keluarga.

Selain itu kue yang dibuat dari tepung beras juga bisa digunakan sebagai salah satu bisnis menjanjikan. Lihat saja banyak sekali orang yang sukses membuat kue yang terbuat dari tepung beras. Contohnya saja kue kucur, Serabi dan masih banyak lainnya. Penasaran dengan kue-kue nikmat tersebut.Yuk lihat ulasannya dibawah ini.

.1. Kue Lapis

Kue basah yang terkenal jadi sajian saat arisan ataupun acara pengajian ini memiliki penampilan yang sangat menarik dengan susunan kue tidak sama warna. Tetapi kue ini jelas berbeda dengan kue-kue lapis legit atau kue lapis beras memiliki warna yang transparan serta struktur kenyal.

Kue ini dibikin dari kombinasi tepung beras, tepung sagu/tapioka, gula, garam serta santan. Semua bahan ini digabung jadi satu serta dikukus dalam sebuah panci dandang.

2. Nagasari

Kue basah tradisional dari Jawa yang dibungkus dengan daun pisang untuk memperoleh cita rasa yang lebih enak. Kue basah dengan rasa manis serta gurih ini dibuat dari tepung beras yang digabungkan dicampur dengan santan kelapa murni, garam, garam serta vanili. Sedang buat isian kue nagasari, umumnya berisi pisang kepok.

3. Talam

Kue basah yang terbuat dari tepung beras yang lain ialah kue talam. Kue ini ialah tipe kue yang dapat dibikin dengan beberapa bahan misalnya saja singkong, ubi, abon, labu sampai jagung. Akan tetapi, pada intinya talam dibikin dari tepung beras, tepung tapioka/sagu, santan serta gula.

4. Putu Ayu

Sesuai dengan namanya, kue ini mempunyai penampilan yang ayu alias cantik banget. Putu ayu sama dengan warna hijau serta dengan taburan kelapa parut.

Kue basah tadisional ini adalah kombinasi tepung beras, telur, gula,santan serta sari daun pandan. Kue ini mempunyai struktur yang lembut serta cukup lembab dengan rasa gurih serta manis pada sebuah gigitan.

5. Putu Mayang

Walau sama-sama namanya putu, putu mayang mempunyai tampilan yang tidak sama dengan putu ayu. Kue basah yang datang dari Betawi ini memiliki penampilan seperti mie yang disiraman kinca, yakni saus gula merah.

Penampilan jajanan ini makin menarik dengan warna yang bermacam misalnya saja putih, merah muda serta hijau. Putu mayang dibikin dengan cara mencampurkan tepung beras, tepung sagu/tapioka, santan serta gula. Selanjutnya di rebus sampai kental serta halus.

6. Kue Cucur

Kue basah tradisional ini seirng jadikan camilan dalam upacara tradisi di Indonesia. Kue ini memiliki tepian yang bergelombang serta bentuk tengahnya menggembung seperti gunung.

Rasa-rasanya legit, basah serta ciri khas sebab ada sensasi simak serta lumer yang bersatu jadi satu. Kue cucur dibuat dari kombinasi santan, tepung beras, gula merah,tapioka serta bahan pengembang. Sesudah digabung, adonan selanjutnya digoreng sampai mekar.

7. Apem

Kue ini memiliki bentuk seperti kue serabi yang berasal dari Bandung. Tetapi perbedaannya, kue ini memiliki ukuran lebih tebal serta lebih empuk. Kue apem banyak diberikan sepanjang bulan suci Ramadhan.

Ini karena apem ialah kue ciri khas Arab yaitu appam yang selanjutnya maknanya disalin dari kata “afuan” yang bermakna ampunan. Apem dibuat dari tepung beras, gula, telur, tapai, ragi, serta santan.

8. Carabikang

Kue ini memiliki bentuk mekar serta berwarna-warni. Kue Carabikang dibikin dengan tepung beras, terigu, gula, telur, serta santan. Walau saling memiliki serat, kue tradisionil ini tidak sama dengan bika ambon. Rasa-rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut ditanggung akan buat suka deh.

9. Pancong

Sebelumnya kue ini ialah jajanan ciri khas Betawi. Memiliki bentuk 1/2 lingkaran dengan struktur padat tapi lembut saat dikonsumsi. Pancong dibikin dengan mencampurkan tepung beras, santan, garam, gula serta kelapa parut.

Kue pancong classic cuma diberi dengan kelapa serta gula pasir. Sedang sekarang kue pancing telah ada dalam variasi toping modern.

10. Kue Mangkuk

Kue mangkuk ini adalah cupcake asli Indonesia lho. Ya, memang selintas kue ini mempunyai bentuk yang seperti dengan cupcake kekinian yang umumnya dihias dengan icing. Sejak dahulu kue yang dibuat dari tepung beras ini belum pernah diubah, cuma warnanya saja yang dibikin berwarna-warni.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *